Rabu, 07 Juni 2023

HARI PANCASILA

PERINGATAN HARI LAHIRNYA PANCASILA  2023 DI SDN PONDOK LABU 07






Kamis 1 Juni 2023.

sdnpondoklabu07. Setiap tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Untuk memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan juga Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah merilis tema, logo, serta pedoman upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini.



Peringatan Hari Lahir Pancasila bermula dari pidato yang disampaikan oleh Presiden Soekarno dalam sidang kedua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai.





Presiden pertama Indonesia tersebut mengungkapkan mengenai makna dasar negara yang disebut dengan “Pancasila”. 

Panca memiliki arti lima dan sila martinya prinsip atau asas. Lebih lanjut, Soekarno menjelaskan bahwa dasar negara Indonesia ada lima. Antara lain sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan yang terakhir sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

















Peringatan hari lahir Pancasila menjadi pengingat bagi kita semua bahwa butir-butir Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu mari wujudkan Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh !








Sumber : dari berbagai sumber
Fotto     : wotk dan kemite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar